Tutorial Mudah Membuat Line Follower untuk Pemula

Tutorial Mudah Membuat Line Follower untuk Pemula

Cara mudah membuat Line Follower untuk keperluan lomba robot dan event lainnya, line follower sangat di butuhkan bagi para pengikut lomba-lomba robot, sobat semua sudah tau bukan apa yang akan kita bahas pada Artikel kali ini, pastikan sobat-sobat semua membacanya sampai habis agar komponen-komponen yang di perlukan tidak lupa untuk di beli, dan memastikan komponen line follower anda lengkap dan siap untuk di rakit.

Kali ini kita akan belajar membuat robot yang sangat sederhana – kita menyebutnya Robot Pengikut Garis. Robot ini menggunakan mikrokontroler untuk mengontrol algoritmanya. Proyek Robot Sederhana ini dapat menjadi proyek akhir pekan yang mengasyikkan. Yuk kita pelajari bagaimana cara membuatnya.

Line follower robot adalah sebuah robot yang dapat mengikuti garis secara otomatis. Robot didukung oleh rangkain komponen elektronika yang dilengkapi dengan roda dan digerakan oleh motor. Pengendalian kecepatan sangat bergantung pada batas putaran dan pergesekan antara ban robot dengan lantainya. Robot tersebut dirancang untuk bernavigasi dan bergerak secara otomatis mengikuti sebuah alur garis yang dibuat.

Untuk membaca garis, robot dilengkapi dengan sensor yang diletakkkan diujung depan dari robot tersebut. Line follower robot ini memiliki jenis dan bentuk serta memiliki beberapa sistem penggerak dan pengendali sebagai pengatur kinerja yang beraneka ragam sesuai dengan kreatifitas pembuatnya.

Tutorial Mudah Membuat Line Follower sangat bermanfaat bagi pemula, karena Bagi para pemula, mungkin membuat robot sederhana bukan suatu hal yang sulit. Karena bahan dan rangkaiannya juga simpel. Salah satu jenis robot yang biasa dibuat untuk para pemulai adalah robot line follower atau robot line following. Prinsip kerja dari robot tersebut akan berjalan mengikut garis yang telah dibuat.

Robot ini menggunakan sensor cahaya berupa photo dioda. Sensor tersebut berperan sebagai pengenal garis gelap dan terang yang merupakan jalur dari robot itu sendiri. Robot line follower juga dapat dikembangkan menjadi lebih canggih lagi seperti robot pemadam kebakaran dan robot-robot lainnya.

Line follower robot ini bisa membantu manusia tergantung dari proses pembuatannya yang bertujuan untuk membantu proses kerja manusia. Biasanya robot ini digunakan dalam perusahaan atau pabrik-pabrik yang membutuhkan tenaga robot dalam proses produksinya. Namun selain juga bisa membantu manusia line follower robot ini juga bisa digunakan untuk kontes adu balap robot.

Nahh jika sudah mengerti apa itu line follower robot, mari langsung ke cara pembuatannya..Dalam membuat Robot Line Follower saya akan membagi beberapa langkah :

1. Merancang skema rangkaian dari robot
2. Membuat layout dari skema yang telah dibuat
3. Menyablon serta mencetak pcb
4. Melubangi pcb
5. Menyolder rangkaian
6. Membentuk desain dari body robot
7. Memprogram robot
8. Menguji robot yang telah dibuat

Berikut adalah skema Line follower robot

Dalam rangkaian line follower terbagi menjadi 2 macam yaitu :

Sismin dan driver
Comparator dan sensor

Masing-masing dari 2 bagian rangkaian ini disatukan untuk membentuk suatu sistem kerja yang dapat menggerakan robot dan menjalankannya sesuai dengan perintah atau program yang telah dibuat.

1. Sismin dan driver

Pertama saya akan memulai proses pembuatannya dari Sismin dan driver terlebih dahulu. Rangkaian yang pertama kali dibuat adalah rangkaian bagian otak robot yaitu Sismin dan driver, Sismin adalah singkatan dari kata Sistem Minimum, jadi fungsi dari sistem minimum ini adalah agar IC pada robot bisa diprogram dan menjalankan perintah programnya.

Didalam rangkaian sismin dan driver saya menggunakan IC mikrokontroler At89s51 sebagai otak dari robot yang berfungsi menjalankan semua perintah program yang telah dibuat. Dan sebuah IC driver L293D yang berfungsi menggerakkan motor.

Didalam rangkaian sismin dan driver terdapat beberapa komponen elektronika yaitu :

  1. IC At89s51 (1 buah)
  2. IC L293D (1 buah)
  3. Motor (2 buah)
  4. Kapasitor 22pf (2 buah)
  5. Crystal (1 buah)
  6. Kapasitor elektrik 10uf (1 buah)
  7. Resistor 10k ohm dan 220 ohm (masing-masing 1 buah)
  8. Led red (1 buah)

Komponen diatas bisa Anda beli disini

2. Comparator dan sensor

Rangkaian ini adalah rangkaian yang berfungsi sebagai indra robot terutama adalah rangkaian sensornya. Dalam rangkaian ini saya menggunakan salah satu jenis sensor cahaya yaitu Photo diode sebagai sensor untuk membaca garis.

penggunaan Photo diode jauh lebih baik ketimbang menggunakan sensor cahaya LDR, karena jika menggunakan sensor cahaya LDR maka sinar apasaja bisa terbaca oleh LDR sehingga dapat mengganggu dalam proses pembacaan garis hitam.

Sedangkan photo diode tidak bisa membaca sinar matahari atau sinar dari senter, melainkan hanya bisa membaca sinar dari infra red. Sehingga dalam proses pembacaan garis tidak terganggu oleh cahaya lain dan robot bisa berjalan dengan baik.

Dalam rangkaian Comparator terdapat IC yang digunakan untuk mengolah hasil output yang dikeluarkan oleh sensor. IC itu adalah IC LM324. IC ini berfungsi untuk mengolah hasil output sensor menjadi keluaran yang bisa dibaca oleh IC mikrokontroler.

Berikut adalah komponen yang ada didalam rangkaian comparator dan sensor yaitu :

  1. Photo diode (2 buah
  2. Infrared (2 buah)
  3. IC LM324 (1 buah)
  4. Resistor 220 ohm (2 buah)
  5. Resistor 1k ohm (2 buah)
  6. Resistor 10k ohm (2 buah)
  7. Trimpot 10k ohm (2 buah)

Komponen di atas bisa anda beli disini atau disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *