Tutorial Menggunakan Arduino due

Tutorial Menggunakan Arduino due

Arduino Due adalah board mikrokontroler yang berbasis pada CPU Atmel SAM3X8E ARM Cortex-M3. Ini adalah board Arduino pertama yang berbasis pada mikrokontroler ARM inti 32-bit. Ini memiliki 54 pin input / output digital (12 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 12 input analog, 4 UART (port serial perangkat keras), jam 84 MHz, koneksi USB OTG yang mampu, 2 DAC (digital to analog) , 2 TWI, colokan listrik, header SPI, header JTAG, tombol reset dan tombol hapus.

Dalam Tutorial Menggunakan Arduino due sangat membantu anda dalam memprogram suatu projek , karena Arduino Due diprogram menggunakan Arduino Software (IDE), Lingkungan Pengembangan Terpadu kami umum untuk semua papan kami dan berjalan baik online maupun offline. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana memulai dengan Arduino Software kunjungi halaman Memulai.

Untuk Menggunakan Arduino due anda bisa memprogram Arduino Due Anda saat offline, Anda perlu menginstal Arduino Desktop IDE dan menambahkan Atmel SAMD Core ke dalamnya. Prosedur sederhana ini dilakukan dengan memilih menu Tools, kemudian Boards dan Boards Manager terakhir, seperti yang didokumentasikan di halaman Arduino Boards Manager.

 

Arduino Due mengikuti 1.0 pinout:

1. TWI: pin SDA dan SCL yang berada di dekat pin AREF.
2. IOREF: memungkinkan perisai terlampir dengan konfigurasi yang tepat untuk menyesuaikan voltase yang disediakan oleh board. Hal ini memungkinkan kompatibilitas perisai dengan board 3.3V seperti board berbasis Due dan AVR yang beroperasi pada 5V.
3. Pin yang tidak terhubung, disediakan untuk penggunaan masa depan.

 

Spesifikasi Arduino Due

  • Microcontroller AT91SAM3X8E
  • Operating Voltage 3.3V
  • Input Voltage (recommended) 7-12V
  • Input Voltage (limits) 6-16V
  • Digital I/O Pins 54 (of which 12 provide PWM output)
  • Analog Input Pins 12
  • Analog Output Pins 2 (DAC)
  • Total DC Output Current on all I/O lines 130 mA
  • DC Current for 3.3V Pin 800 mA
  • DC Current for 5V Pin 800 mA
  • Flash Memory 512 KB all available for the user applications
  • SRAM 96 KB (two banks: 64KB and 32KB)
  • Clock Speed 84 MHz
  • Length 101.52 mm
  • Width 53.3 mm

 

 

Power Arduino Due

Arduino Duemilanove dapat diaktifkan melalui koneksi USB atau dengan power supply eksternal. Sumber daya akan dipilih secara otomatis. Eksternal (non-USB) daya dapat berasal baik itu dari adaptor AC-DC (dinding-kutil) atau baterai. Adaptor ini dapat dihubungkan dengan mencolokkan sebuah 2.1mm steker pusat-positif ke colokan listrik board. Arahan dari baterai dapat dimasukkan ke dalam header pin Gnd dan Vin dari konektor DAYA.

Pada Tutorial Arduino due ini , Board dapat beroperasi pada persediaan eksternal 6 sampai 20 volt. Jika disertakan dengan kurang dari 7V, maka pin 5V hanya menyuplai kurang dari lima volt dan board mungkin tidak stabil. Jika menggunakan lebih dari 12V, tegangan regulator bisa panas dan merusak board. Kisaran yang disarankan adalah 7 sampai 12 volt.

Komunikasi Arduino Due

Menggunakan Arduino due juga harus di perhatikan dari bagian komunikasinya seperti pada gambar di atas , Arduino Duemilanove memiliki sejumlah fasilitas untuk berkomunikasi dengan komputer, Arduino lain, atau mikrokontroler lainnya. ATmega168 dan ATmega328 menyediakan UART TTL (5V) komunikasi serial, yang tersedia di pin digital 0 (RX) dan 1 (TX). Sebuah FTDI FT232RL pada saluran forum ini komunikasi serial melalui USB dan driver FTDI (disertakan dengan versi Windows dari software Arduino) menyediakan port com virtual untuk perangkat lunak pada komputer. Perangkat lunak Arduino termasuk monitor seri yang memungkinkan data tekstual sederhana yang akan dikirim ke dan dari papan Arduino. RX dan TX LED di papan akan berkedip ketika data sedang dikirim melalui chip FTDI dan koneksi USB ke komputer (tetapi tidak untuk komunikasi serial pada pin 0 dan 1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *