Termasuk Komponen Penting Dari Elektronika, Yuk Kenali 5 Jenis Resistor

Termasuk Komponen Penting Dari Elektronika, Yuk Kenali 5 Jenis Resistor

Pada sebuah rangkaian elektronika, resistor bukanlah salah satu komponen yang asing. Sebab, hampir di semua alat elektronik menggunakan resistor. Umumnya, komponen satu ini akan diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Berikut ini akan diulas berbagai fungsi dan jenis resistor yang perlu anda tahu. Simak selengkapnya.

Macam Macam Resistor yang Wajib Anda Ketahui

1. Metal Film Resistor
Metal Film Resistor atau yang kerap kali disebut dengan Resistor Film Logam merupakan salah satu jenis dari resistor yang memiliki bentuk yang telah dilapisi oleh film logam dengan ukuran yang sangat tipis. Lapisan film logam tersebut akan berada di Substrat Keramik. Kemudian, akan dipotong dengan bentuk spiral.

Untuk nilai dari resistansinya sendiri akan dipengaruhi oleh ketebalan dari spiral logam, panjang dan juga lebar. Apabila dilihat dari keseluruhan, maka Metal Film Resistor ini adalah salah satu yang terbaik diantara berbagai jenis dari resistor yang ada. Selain itu, Resistor Film Logam ini termasuk di dalam jenis Fixed Resistor, sehingga termasuk yang memiliki nilai resistansi tetap.

2. Carbon Composition Resistor
Jenis resistor selanjutnya adalah Carbon Composition Resistor. Untuk jenis satu ini merupakan resistor yang terbuat dari komposisi berupa karbon halus yang telah dicampurkan dengan bahan yakni isolasi bubuk. Campuran tersebut berguna sebagai pengikat. Sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil resistansi yang diinginkan.

Ketika jumlah karbon yang ditambahkan semakin banyak, maka akan semakin rendah juga nilai hambatan atau nilai resistansinya. Untuk nilai resistansi yang kerap kali ditemukan pada resistor Carbon Composition adalah sekitar 1Ω hingga 200MΩ. Dimana dengan memiliki daya 1/10W hingga 2W.

3. Potensiometer
Selanjutnya, terdapat pula Potensiometer, dimana resistor ini tergolong jenis dari variable resistor. Yang mana untuk nilai dari resistansinya sendiri bisa berubah ubah. Untuk mengubahnya, maka anda perlu untuk memutar porosnya melalui tuas yang terdapat pada Potensiometer. Umumnya, nilai tersebut akan ditulis pada badan Potensiometer dengan bentuk kode angka.

4. Carbon Film Resistor
Carbon Film Resistor merupakan salah satu dari jenis resistor yang terdiri dari film tipis karbon. Yang mana diendapkan pada Substrat Isolator yang nantinya akan dipotong dalam bentuk spiral. Sedangkan untuk nilai dari resistansinya sendiri tergantung dari proporsi isolator dan karbonnya.

Apabila anda menambahkan banyak karbon, maka nantinya akan semakin rendah nilai dari resistansinya. Selain itu, ketika anda menggunakan Carbon Film Resistor ini adalah mampu menghasilkan resistor yang memiliki toleransi lebih rendah. Tak hanya itu saja, resistor jenis ini juga memiliki rendah kepekaan terhadap suhu apabila dibandingkan dengan Carbon Composition Resistor.

Carbon Film Resistor ini juga memiliki nilai resistensi yakni sekitar 1Ω hingga 10MΩ. Selain memiliki nilai resistansi tersebut, salah satu dari jenis resistor ini juga dilengkapi dengan daya 1/6W sekitar 5W. Hal ini dikarenakan adanya sifat rendah kepekaan terhadap suhu, membuat resistor satu ini mampu untuk bekerja di suhu yakni mulai dari -55°C sampai 155°C.

5. Rheostat
Untuk jenis dari resistor lainnya adalah Rheostat, yang mana jenis ini merupakan variable resistor. Sehingga, bisa dengan mudah beroperasi pada arus dan juga tegangan yang tinggi. Rheostat sendiri terbuat dari lilitan kawat yang resistif. Dan untuk pengaturan dari nilai resistansinya akan dilakukan dengan penyapu yang akan bergerak di bagian atas dari Toroid.

Itulah beberapa jenis dari resistor yang perlu anda tahu. Resistor sendiri memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi kehidupan. Mulai dari sebagai penurun tegangan listrik, pembatas arus pada listrik, pembagi pada tegangan listrik, dan juga pengatur dari arus listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *