Tak Hanya Mengukur Cahaya, Berikut 5 Fungsi Sensor Untuk Kehidupan Sehari Hari

Berikut 5 Fungsi Sensor Untuk Kehidupan Sehari Hari

Sensor merupakan salah satu jenis perangkat yang telah banyak diaplikasikan pada beberapa alat elektronik. Perangkat satu ini memiliki banyak sekali manfaat di dalam kehidupan sehari hari, mulai dari layanan kesehatan, perangkat pribadi, hingga keamanan dan lainnya. Berikut ini akan diulas beberapa fungsi sensor yang perlu anda tahu.

Mengenal Berbagai Macam Fungsi Dari Sensor

1. Merasakan Tingkat Suara
Untuk fungsi yang pertama dari sensor ini adalah mampu untuk merasakan tingkat suara. Ketika anda ingin merasakan fungsi dari perangkat satu ini, maka anda pun bisa memilih jenis sensor suara yang merupakan bagian dari sensor analog. Sensor satu ini akan bertugas untuk menerjemahkan amplitudo dari volume akustik pada suara dan mengubahnya menjadi tegangan listrik.

Yang mana untuk tegangan listrik tersebut akan berguna untuk merasakan tingkat pada suara. Di dalam proses satu ini akan membutuhkan beberapa sirkuit dan juga akan memakai mikrokontroler bersama dengan adanya mikrofon. Dengan perpaduan tersebut, nantinya akan mampu menghasilkan sinyal output analog.

2. Mendeteksi Jumlah Cahaya
Sedangkan fungsi sensor yang kedua adalah mampu untuk mendeteksi jumlah cahaya. Untuk itu, anda memerlukan sensor cahaya atau light sensor. Sensor ini sendiri merupakan salah satu sensor analog yang nantinya akan memiliki klasifikasi tersendiri. Sebut saja seperti Cadmium Sulfide, foto resistor dan juga fotosel.

3. Mengukur Jumlah Tekanan
Selain itu, ada pula fungsi lainnya yang perlu untuk anda ketahui. Ternyata, sensor juga mampu untuk mengukur jumlah tekanan. Sehingga ketika anda menggunakan sensor tekanan, maka nantinya akan menghasilkan sinyal keluaran bersifat analog yang akan berbanding lurus atau sebanding dengan jumlah dari tekanan yang diberikan.

Untuk jenis dari sensor tekanan sendiri adalah sensor piezoelektrik, yang merupakan salah satu sensor untuk menghasilkan sinyal tegangan keluaran. Yang mana untuk hasilnya sendiri akan sebanding dengan jumlah tekanan yang telah diterapkan pada sensor jenis satu ini.

4. Mengukur Jarak dan Kecepatan Sebuah Benda.
Sensor Ultrasonik atau yang juga dikenal dengan Ultrasonic Sensor merupakan salah satu sensor yang berguna untuk mengukur jarak maupun kecepatan benda. Fungsi sensor ini nantinya akan bekerja dengan sifat sifat dari gelombang suara. Dimana memiliki frekuensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan rentang suara dari manusia.

Dengan sifat kerjanya yang menggunakan gelombang suara tersebut, maka sensor ultrasonik akan mampu untuk mengukur jarak dari suatu objek. Dalam hal ini, kerja sensor tersebut akan mirip dengan SONAR. Selain itu, adanya sifat Doppler yang berasal dari gelombang suara akan mampu digunakan untuk mengukur adanya kecepatan pada suatu objek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *