Pengertian Arduino Fio

Pengertian Arduino Fio

Apa itu Arduino fio ? Ada bermacam macam arduino di dunia ini terutama di indonesia, sebelum beetrona sudah menjelaskan jenis-jenis Arduino itu apa saja , jadi mungkin kalian harus membaca artikel tersebut, sekarang akan membahas Arduino fio yang memang jarang terdengar tetapi memiliki kegunaan dan fungsi yang sama dengan yang lainnya

Arduino Fio adalah papan yang dirancang oleh Shigeru Kobayashi, berdasarkan desain asli dari LilyPad. SFE Arduino Fio adalah toolkit untuk membuat sketsa ide Anda secara fisik, dan terdiri dari pustaka perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan menggunakan ini, pengguna dapat menghubungkan ke sensor dan / atau aktuator dengan berbagai bahasa pemrograman seperti ActionScript 3, Processing, dan Ruby. Arduino Fio kompatibel dengan Corong. Ini memiliki koneksi untuk baterai Lithium Polymer dan termasuk sirkuit pengisian daya melalui USB. Soket XBee tersedia di bagian bawah papan. FIO telah dirancang untuk dapat diprogram ulang secara nirkabel.

Menurut yang kita ketahui, arduino adalah papan elektronika/hardware yang didalamnya terdapat chip mikrokontroler AVR tertentu yang bisa diprogram dengan mudah dengan aplikasi yang diinstal pada pc/komputer (Arduino IDE) dan hasil programnya dikirim/didownload melalui port usb, usb yg dihubungkan dengan komputer ini bisa sebagai catu daya sementara saat program didownload dari pc tanpa harus pakai catu daya dari luar, Arduino ini juga bersifat open source wiring sehingga setiap orang bisa memproduksi sendiri papan pcb arduinonya serta banyak contoh program atau library yang disediakan. Hal itulah yang membuat arduino itu sangat populer untuk para penghoby/profesional bidang elektronika dan mikrokontroler baik di indonesia ataupun di dunia.

Spesifikasi Arduino Fio

ATmega328V running at 8MHz
Arduino Bootloader
XBee socket
Lithium Polymer battery compatible
MCP73831T LiPo Charger
Reset button
On/Off Switch
Status/Charge/RSSI LEDs

Pengertian Arduino Fio

Arduino Fio adalah papan mikrokontroler dengan mikrokontroler ATmega328P bekerja pada tegangan 3.3V dan 8 MHz. Arduino ini memiliki 14 digital pin input / output (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 8 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk pemasangan pin header. berbeda dengan arduino lainya, arduino fio memiliki koneksi untuk baterai Lithium Polymer. Arduino Fio juga mempunyai Soket XBee tersedia di bagian bawah papan.

Arduino Fio ditujukan untuk aplikasi nirkabel. Pengguna dapat meng-upload sketsa dengan kabel FTDI atau Sparkfun breakout board. Selain itu, dengan menggunakan modifikasi USB-to-XBee adaptor seperti XBee Explorer USB, pengguna dapat meng-upload sketsa nirkabel menggunakan kabel.

Arduino Fio adalah papan mikrokontroler berbasis ATmega328V yang berjalan pada 3.3V dan 8 MHz. Ini memiliki 14 pin input / output digital (6 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 8 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk memasang header pin. Ini memiliki koneksi untuk baterai Lithium Polymer dan termasuk sirkuit pengisian daya melalui USB. Soket XBee tersedia di bagian bawah papan.

Arduino Fio ditujukan untuk aplikasi nirkabel. Pengguna dapat mengunggah sketsa dengan kabel FTDI, Arduino ISP, atau papan breakout Sparkfun. Selain itu, dengan menggunakan adaptor USB-ke-XBee yang dimodifikasi seperti XBee Explorer USB, pengguna dapat mengunggah sketsa secara nirkabel. Papan ini dilengkapi tanpa header yang telah dipasang sebelumnya, memungkinkan penggunaan berbagai jenis konektor atau penyolderan kabel secara langsung. Arduino Fio dirancang oleh Shigeru Kobayashi dan SparkFun Electronics, dan diproduksi oleh SparkFun Electronics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *