Mikrokontroler dan Manfaatnya yang Belum Banyak Diketahui

Mikrokontroler dan Manfaatnya yang Belum Banyak Diketahui

Sebelum membahas Mikrokontroler lebih lanjut, mari kita simak pengertian Mikrokontroler terlebih dahulu. Mikrokontroler merupakan suatu chip yang dikemas kedalam bentuk chip Integrated Circuit (IC), yang dirancang untuk melakukan program, tugas atau operasi tertentu Mitrokontroler ini dapat menerima sinyal input, dan mengolahnya sesuai dengan program yang telah diisikan didalamnya.

Sinyal input mikrokontroler sendiri berasal dari sensor yang merupakan informasi dari suatu lingkungan, sedangkan sinyal output ditujukan kepada aktuator yang mampu memberikan efek ke lingkungan. Jadi secara sederhana mikrokontroler dapat diibaratkan sebagai otak dari suatu perangkat/produk yang mempu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Mikrokontroler diibaratkan sebagai otak dari suatu perangkat atau produk yang mempu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Mikrokontroler tersusun dalam satu chip dimana prosesor, memori, dan I/O terintegrasi menjadi satu kesatuan suatu kontrol system.

Pengertian Mikrokontroler dan Manfaatnya

Di era perkembangan teknologi saat ini telah menciptakan perkembangan yang pesat pada bidang robotika maupun elektronika. Mikrokontroler dapat anda pelajari dengan mudah. Pada Google, anda dapat menjumpai banyak cara dan tutorial terkait Mikrokontoler. Orang-orang juga menyebut Mikrokontroler sebagai Embedded Mikrokontroler, hal ini tidak terlepas dari posisi mikrokontroler yang embedded system atau menjadi satu bagian dengan perankat sistem atau suatu sistem yang lebih besar.

Secara sederhana Mikrokontroler dapat diartikan sebagai suatu sistem komputer yang dikemas dalam IC, dimana sebelum digunakan harus diisi suatu program atau perintah terlebih dahulu sehingga mikrokontroler hanya dapat berjalan bila telah diisi suatu perintah atau program terlebih dahulu.

Data Input adalah data yang dihasilkan dari luar dan masuk sebagai sebuah data yang akan di proses pada sebuah mikrokontroler. Proses dalam mikrokontroler ini meliputi penerjemahan input periksa kondisi-Prosesi-ouput.

Manfaat Mikrokontroller

Manfaat Mikrokontroler ada banyak sekali yang belum diketahui, antara lain:

Otomotif : Engine Control Unit, Air Bag, fuel control, Antilock Braking System, sistem pengaman alarm, transmisi automatik, hiburan, pengkondisi udara, speedometer dan odometer, navigasi, suspensi aktif.

Perlengkapan rumah tangga dan perkantoran : Sistem pengaman alarm, remote control, mesin cuci, microwave, pengkondisi udara, timbangan digital, mesin foto kopi, printer, mouse.

Robotika : Mikrokontroller untuk Robotika merupakan sebuah komponen elektronika yang digunakan untuk mengatur gerak robot dengan cara diprogram. Mikrokontroller ini dapat disebut juga sebagai Otak robot. Karena dengan Mikrokontroller inilah robot dapat dikendalikan. Mikrokontroller yang memiliki kualitas baik untuk robotika diantaranya adalah Ingin tau lebih lanjut terkait Mikrokontroler? Silahkan kunjungi website Kami di www. Beetrona.com.

Keunggulan dan Kelemahan Mikrokontroler

Keunggulan dari Mikrokontroler : 

Dapat mengurangi biaya dan ukuran sistem karena integrasi yang lengkap dalam sebuah mikrokontroler, penggunaan mikrokontroler ini sederhana dan mudah untuk memecahkan masalah serta pemeliharaan sistem, sebagian besar pin dapat diprogram oleh pengguna untuk melakukan berbagai fungsi. Mudah menghubungkan port RAM, ROM serta I / O tambahan, waktu yang diperlukan untuk melakukan operasi tergolong rendah.

Kekurangan dari Mikrokontroler :

Arsitektur Mitokontroller lebih kompleks daripada Mikroprosesor, hanya melakukan eksekusi dalam jumlah terbatas dalam waktu yang bersamaan, kebanyakan hanya digunakan pada peralatan mikro, tidak dapat terhubung dengan perangkat yang berdaya tinggi secara langsung.

Produk Mikrokontroler terbaik kami :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *