Mengenal Sensor Tcrt5000 Arduino Lebih Dekat

Mengenal Sensor Tcrt5000 Arduino Lebih Dekat

Perangkat elektronika dari jaman ke jaman memang mengalami perkembangan yang signifikan. Begitu juga dengan sensor yang makin hari juga berkembang. Salah satu jenis sensor yang cukup kondang adalah Sensor TCRT5000 Arduino. Sebelumnya keduanya ini merupakan alat berbeda yang kemudian digabungkan. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Sensor Garis Arduino

Sebelum pembahasan ini menjadi lebih jauh, ada baiknya jika membedah satu persatu dari salah satu perangkat elektronika. TRCT5000 sendiri merupakan sensor reflective yang dibuat dari infrared yang dijadikan sebagai pemancarnya dan sebagai penerima adalah potodiode atau transistor. Umumnya sensor ini sering digunakan untuk membaca sebuah benda. Untuk cara kerjanya tentunya dengan memanfaatkan pantulan cahaya yang kemudian akan diterima oleh pododiode. Anda bisa melihat sensor ini pada benda seperti robot line follower hingga mouse. Keluaran dari sensor ini nantinya akan berupa sinyal analog, sehingga membutuhkan transistor untuk bisa mengaplikasikan perangkat ini.

Di dalam sensor TRCT5000 nantinya akan terdapat 2 sensor yang tugasnya sebagai penerima dan pemancar. Untuk mengenal TCRT5000 Arduino lebih jauh, maka anda juga harus memahami apa itu Arduino. Arduino sendiri merupakan sebuah terobosan terbaru di dunia microcontroller. Yang mana dengan adanya benda ini akan memudahkan serta lebih fleksibel. Mikrokontroller ini memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya begitu kondang dan populer. Salah satunya yang banyak dicari adalah harganya yang rekatif ramah kantong. Selain itu untuk cara pemrogramannya akan lebih mudah dan juga sederhana. Sehingga siapapun akan mudah untuk memahami algoritma dari perangkat ini baik yang profesional atau pemula.

Perangkat lunak dari Arduino ini juga open Source yang akan membuat pemrogramannya bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Open Sourcenya ini berlaku untuk semuanya baik dari software hingga Hardwarenya. Dari sanalah akhirnya banyak yang mencoba untuk menggabungkan TCRT5000 Arduino menjadi sebuah perangkat yang lebih canggih.

Membuat Robot Line Sederhana Dari Arduino dan TCRT5000

Karena kedua perangkat tersebut merupakan perangkat yang luar biasa, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk menjajal kinerja keduanya. Bagaimana cara mengetahui hasilnya? Tentunya dengan mencobanya secara langsung. Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut untuk melakukan pemrograman Arduino sekaligus memanfaatkan TCRT5000. Untuk langkah pertama anda harus lebih dahulu menyiapkan beberapa bahannya. Line Follower Robot ini merupakan robot sederhana yang akan bergerak mengikuti garis dengan otomatis. Bahan yang digunakan adalah Arduino Uno 1, TCRT500 2, L298N Driver Moter, Spacer 3cm 2 buah, Sasis Kit 2 WD 1 buah dan juga Kabel Jumper Male dan Gemali.

Jika semua bahannya sudah ready, maka anda bisa merakitnya. Namun sebaiknya memulainya dengan mensolder saklar, jack dc dan motor dc lebih dahulu. Barulah nanti menuju pada proses perkabelan yang juga cukup rumit. Penyorderan saklar ini harus dilakukan dengan membagi male dan juga female menjadi dua. Jangan lupakan Jack Dc yang juga harus disolder guna membuang female dari bagian kabel jumper. Agar tidak lupa anda bisa mencatat polaritas dan warnanya. Jika sudah anda bisa langsung masuk ke dalam perakit sasis kitnya. Barulah nanti menuju ke perkabelan dan juga pemrograman dari TCRT5000 Arduino sendiri yang membutuhkan ketelitian.

Setelah mengetahui tentang sensor garis dan juga mikrokontroller, rupanya tidak selesai sampai disana. Sebab anda bisa melakukan berbagai percobaan serta pemrograman untuk lebih tahu kedua perangkat tersebut. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan perangkat elektronika tentunya bukan hal asing, tetapi untuk pemula diharapkan ini bisa menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *