Mengenal Sensor Proximity dan Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Mengenal Sensor Proximity dan Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Sensor jarak atau sensor proximity adalah sebuah sensor eletronik yang berguna untuk mendeteksi adanya keberadaan pada objek yang ada di sekitar tanpa menggunakan sentuhan fisik. Sensor jenis satu ini pun juga memiliki beberapa macam dan setiap jenisnya akan memiliki fungsi yang berbeda beda pula. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Apa Itu Sensor Proximity?

Sering kali disebut dengan sensor jarak, maka Proximity sensor merupakan salah satu perangkat yang memiliki fungsi, terutama jika digunakan pada tempat yang berbahaya. Akan tetapi, lambat laun keberadaan sensor ini juga sering kali dipakai untuk mempermudah kehidupan sehari hari. Hal ini terlihat ketika sensor ini telah mulai digunakan dan diaplikasikan pada hampir semua jenis smartphone. Selain itu, sensor ini biasanya akan digunakan pada sistem manufaktur. Tak hanya itu saja, Proximity sensor juga kerap kali dipakai untuk mendeteksi adanya kedekatan, keberadaan hingga posisi dan juga penghitungan pada mesin otomatis.

Tak hanya itu saja, dapat dibilang jika sensor proximity adalah sebuah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengubah berbagai informasi tentang keberadaan dari benda atau gerakan sebuah objek menjadi sebuah sinyal listrik. Perangkat satu ini juga tidak memakai bagian mekanik maupun bagian lain yang dapat bergerak. Sebab, sensor satu ini memakai medan elektromagnetik dan juga sinar radiasi elektromagnetik untuk dapat mengetahui keberadaan benda atau objek yang ada di sekitarnya. Untuk jarak maksimum dari benda yang dapat dideteksi dengan menggunakan sensor ini akan dinamakan Nominal Range, yang mana dapat disebut juga dengan Kisaran Nominal.

Di dalam proximity sensor ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Sebut saja seperti hal yang melaporkan tentang jarak objek yang telah dideteksi. Selain itu, ada pula fitur untuk pengaturan nominal range. Sehingga, nantinya akan memudahkan anda untuk menggunakannya.

Mengenal Fungsi Dari Proximity Sensor

Fungsi sensor proximity adalah sebuah perangkat yang biasanya akan digunakan oleh produsen smartphone. Bahkan bisa dikatakan jika keberadaan dari sensor ini bersifat wajib pada ponsel pintar di jaman sekarang. Hal ini dikarenakan ketika pengguna ponsel pintar akan melakukan panggilan telepon, otomatis mereka akan mendekatkannya pada telinga. Ketika melakukan proses tersebut, maka proximity sensor akan berguna untuk mendeteksi objek yang mendekatinya. Dapat dikatakan jika dengan adanya sensor ini akan mampu memberikan sinyal yang berguna agar layar sentuh menjadi mati atau padam. Dengan begitu, hal ini menyebabkan layar sentuh tidak akan melakukan respon apapun.

Sehingga, ketika layar sentuh pada ponsel terkena telinga dan juga anggota tubuh yang lain maka hal tersebut tidak akan menyebabkan ponsel menjadi menyala. Hal ini juga akan berlaku sebaliknya. Ketika pengguna telah menyelesaikan panggilannya dan ponsel pintar tersebut telah menjauh dari telinga, maka sensor satu ini akan berfungsi kembali. Dengan begitu, ketika sudah tidak mendekati telinga maka sensor satu ini akan kembali mengirimkan sinyal. Dan layar sentuh pun akan aktif kembali seperti sebelum melakukan panggilan. Untuk itu, salah satu fungsi sensor proximity adalah memudahkan pengguna ponsel tidak terjadi salah pencet ketika melakukan panggilan telepon. Tentunya fungsi ini sangatlah berguna untuk kehidupan.

Proximity sensor ini sendiri juga memiliki beberapa jenis yang perlu anda ketahui. Sebut saja seperti sensor jarak induktif yang berguna untuk mendeteksi adanya keberadaan logam. Kemudian ada pula sensor jarak kapasitif yakni yang mampu mendeteksi adanya gerakan dan komposisi kimia serta ada pula jenis yang lain. Tentunya sensor satu ini akan mampu membuat lebih mudah pekerjaan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *