Mengenal Mesin 3D Printer yang Fenomenal

Mengenal Mesin 3D Printer yang Fenomenal

Perkembangan teknologi saat ini banyak sekali teknologi yang membantu pekerjaan manusia lebih mudah, 3D Printing adalah merupakan salah satu bagian dari additive manufacturing. Mesin 3D printer merupakan alat untuk membuat benda tiga dimensi dari file digital. Penciptaan objek cetak 3D dicapai menggunakan proses aditif. Dalam proses pembuatan secara aditif, sebuah objek dibuat dengan meletakkan lapisan tipis secara berurutan sampai objek terbentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Masing-masing lapisan ini dapat dilihat sebagai potongan melintang horizontal yang diiris tipis tipis dari objek yang akhirnya membentuk suatu benda 3 dimensi.

Prinsip kerja 3D printing serupa dengan printer laser biasa. Yang mana data desain dicetak di atas lapisan lalu dipanaskan dengan suhu tertentu. Setelah tercetak di atas lapisan, baru layer mengirimkan desain untuk membuat objeknya. Jika berhasil, lapisan akan didinginkan sehingga terbentuklah objek yang padat. Baru objek dicetak untuk digunakan.

3 Sistem Kerja 3D printer yaitu:

Membuat Model 3D
Untuk membuat model dari objek 3D yang akan dibuat nantinya maka Anda harus menggunakan software khusus untuk bisa mendesain model 3D nya yang nantinya bisa mendukung printer yang ada untuk mencetak objek tersebut. Contoh software nya adalah delcam, solidwork dan lainnya. Software pastikan hanya menggunakan yang original jangan pernah tergoda menggunakan software palsu atau bajakan.

Printing Process
Kemudian jika Anda sudah menyiapkan desainnya maka bisa melanjutkan ke printing process. Pastikan Anda membuat terlebih dahulu desain yang matang sehingga ketika printer sudah siap Anda bisa langsung print desain tersebut. Untuk proses pencetakan desain berbeda-beda antara desain satu dan lainnya. Beberapa factor yang mempengaruhi antara lain adalah ukuran, desain, volume, kerumitan desain dan lainnya. Prinsip dasar saat menjalankan printing process ini adalah Additive Layer yang mana procesnya dimulai dari mesin membaca desain 3D lalu akan melakukan proses penyusunan setiap layer secara bertahap. Nantinya jika sudah selesai maka bisa terlihat objek 3D yang sudah menjadi utuh.

Finishing Process
Untuk tahapan yang terakhir adalah finishing. Anda bisa menyempurnakan bagian yang belum begitu sempurna yang lebih kompleks misalnya saja disebabkan oleh size yang ternyata berbeda dari yang Anda harapkan. Ada teknik yang digunakan pada tahapan finishing ini yaitu multiple material techniques.

3D printer adalah kemajuan teknologi di dunia modern seperti sekarang yang harga per pcs nya cukup mahal. Tidak hanya menyentuh di angka jutaan saja bahkan ada yang satu unit printernya dihargai hingga ratusan juta rupiah. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan akan membeli salah satu atau beberapa diantaranya maka pastikan Anda memang sangat membutuhkannya. Banyak perusahaan sekelas internasional seperti perusahaan tas, perusahaan sepatu yang menciptakan produk best seller dengan mengandalkan printer 3D ini. Awalnya mereka akan menggunakannya untuk mencetak dummy product baru kemudian mencetak final product secara massal jika dirasa sudah memenuhi standard. Harga membeli satu unit printer 3D memang mahal dengan budget besar namun jika dibandingkan dengan hasil produksi yang cepat dan bisa skala besar maka jatuhnya justru akan lebih hemat.

Sebenarnya, printer 3D ini sudah muncul di dunia sejak jaman dulu hanya saja teknologi yang digunakan belum secanggih saat ini.Printer 3D adalah printer masa kini yang memang sedang sangat happening di dunia. Di Indonesia sendiri masih sangat terbatas yang memilikinya karena memang harganya yang tidak murah. Ternyata manfaat lahirnya printer 3D ke dunia bukanlah tanpa alasan.

==>>Jasa cetak 3D Print jogja

Jenis-Jenis 3D Printer

1. Direct And Binder Printer
Direct And Binder Printer 3D adalah teknologi printer pertama yang mampu mencetak hasil dua dimensi. Prinsip kerja dari mesin ini menggunakan teknologi injeksi dasar. Teknologi pencetakan dari gerakan maju mundur sebuah injeksi. Mesin ini muncul pada tahun 1960 dan diberi nama Binder Printer 2D.

2. Photopolimerization dan Sintering
Mesin ini merupakan awal dicetusnya 3D printing karena sudah beberapa kali digunakan untuk mencetak objek padat. Prinsip kerja dari printing ini adalah mengubah cairan menjadi padat dengan menggunakan sistem pendinginan suhu. Sedangkan pemanasannya menggunakan sinar laser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *