Mengenal Jenis Jenis Kapasitor Yang Banyak Digunakan Dalam Perangkat Elektronika

Mengenal Jenis Jenis Kapasitor Yang Banyak Digunakan Dalam Perangkat Elektronika

Kapasitor sendiri adalah suatu komponen di dalam elektronika yang memiliki fungsi untuk menyimpan elektronika dalam waktu tertentu. Ditemukan oleh Michael Faraday, alat ini mirip dengan resistor karena sama sama merupakan rangkaian pasif dan banyak digunakan. Selain itu juga terdapat jenis jenis kapasitor yang harus dipahami. Simak ulasannya.

Jenis Kapasitor Lengkap Dengan Pengaplikasiannya

1. Kapasitor Elektrolit
Jenis yang pertama adalah kapasitor elektrolit yang menjadi kapasitor terpolarisasi. Karena mampu untuk memberikan kapsitansi yang tinggi bahkan hingga mencapai 1 Mikrofarad. Umumnya kapasitor satu ini akan digunakan untuk aplikasi kopling audio. Tetapi ada juga yang menggunakannya pada Aplikasi Pasokan Listrik Frekuensi Rendah.

Hanya saja, perlu diperhatikan dalam pemasangannya, mengingat jenis ini memiliki polaritas postif (+) dan negatif (-). Dengan begitu pemasangannya yang sembarangan atau terbalik akan berakibat fatal. Dimana kapasitor satu ini akan langsung meledak, apalagi tegangan yang ada di dalamnya besar dan juga tinggi.

Perlu diketahui jika kapasitor ini juga memiliki anoda logam yang dilapisi lapisan khusus yaitu lapisan teroksidasi sebagai dielektrik. Sementara untuk elektroda keduanya berupa elektrolit basah atau non padat. Kapasitansi pada jenis jenis kapasitor ini memiliki kapasitansi besar yang membuatnya berharga, dimana arusnya rendah tapi frekuensi listriknya tinggi.

 

2. Kapasitor Keramik
Seperti namanya, kapasitor ini memang memiliki bahan dari keramik, dan keramik inilah yang bertindak menjadi dielektrik. Dibentuk dari dua atau bahkan lebih lapisan bolak balik dari lapisan logam yang berperan sebagai elektroda dan juga dari keramik. Perlu diketahui jika komposisi bahan keramiknya nantinya akan menentukan perilaku dari listriknya.

Umumnya kapasitor ini akan digunakan pada rangkaian elektronik, misalnya dalam komponen aplikasi audio pada RF. Untuk membedakannya, bisa dilihat dari segi tampilannya dimana kapasitor ini berbentuk bulat tipis, namun ada juga yang berbentuk persegi empat. Dalam pemasangannya boleh dibolak balik, karena tidak ada kaki negatif atau positifnya.

 

3. Kapasitor Tantalum
Jenis jenis kapasitor yang selanjutnya adalah kapasitor tantalum yang sekilas memang mirip dengan elektrolit. Tetapi jenis ini memiliki kapasitansi dan juga populer lebih tinggi jika dibandingkan dengan elektrolit. Hanya saja, Kapasitor Tantalum ini juga memiliki kelebihan yaitu sering meledak apabila digunakan dalam tekanan tinggi secara terus menerus.

Tetapi kapasitor satu ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri, seperti bentuk komponennya yang kecil. Sekalipun kecil tetapi nilai kapasitansinya besar yang mana hal ini akan sangat efektif digunakan. Tak hanya itu, kapasitor ini juga mampu digunakan pada frekuensi tinggi dan range frekuensi yang lebar. Kapasitor ini juga mampu tahan di suhu -55C hingga +125C.

 

4. Kapasitor Mika
Selanjutnya kapasitor mika yang saat ini memang sudah jarang digunakan. Tentu saja karena kapasitor ini kalah kondang dengan kapasitor lainnya. Padahal sebenarnya, jika dilihat dari stabilitasnya bagus dan kapasitansinya tinggi. Bahkan hingga mencapai angka 1000 pikofarad. Umumnya jenis ini digunakan untuk Rangkaian RF yang memiliki frekuensi tinggi.

 

5. Kapasitor Polister
Terdiri dari pelat logam yang ditambahkan dengan film poliester, atau juga bisa dari film yang dilapisi oleh logam kemudian disimpan di isolator. Kapasitor jenis ini, diklaim untuk jadi standar pada banyak aplikasi DC. Hal ini dikarenakan jenis jenis kapasitor ini memiliki toleransi yang rendah.

Itulah beberapa jenis dari kapasitor yang wajib untuk diketahui, walaupun sebenarnya masih ada jenis lainnya yang tak kalah menarik. Umumnya kapasitor ini akan dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan hingga kapasitansinya. Sehingga harus mencari yang pas sesuai dengan kebutuhan agar hasilkan nantinya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *