Mengenal Beragam Jenis Dioda Beserta Pengertiannya

Mengenal Beragam Jenis Dioda Beserta Pengertiannya

Dioda atau yang juga dikenal dengan diode merupakan salah satu komponen penting di dalam sistem elektronika . Hal ini dikarenakan dioda mampu menghantarkan arus listrik menuju ke satu arah. Namun, apabila arus arah terbalik, Dioda akan menjadi penghambat dari arus listrik tersebut. Dengan semakin berkembangnya teknologi, ada banyak sekali jenis dioda. Berikut simak selengkapnya beserta fungsinya.

 

Berbagai Macam Jenis Dari Dioda Yang Perlu Anda Tahu

1 . Dioda Laser
Untuk pertama terdapat dioda laser, dimana jenis satu ini mampu menghasilkan radiasi maupun cahaya koheren yang bisa untuk dilihat dengan menggunakan mata. Selain itu, apabila dialiri oleh arus listrik maka Dioda Laser akan dapat dilihat oleh spektrum inframerah.

Apabila anda penasaran seperti apa bentuk dari jenis satu ini, maka dioda laser akan sering kali digunakan pada sejumlah perangkat audio. Sebut saja seperti DVD Player, Laser Pointer, Bluray dan juga pada scanner barcode. Laser yang terdapat pada dioda ini sebenarnya merupakan singkatan dari Light amplification by Stimulated Emission of Radiation.

2. Dioda Foto
Sedangkan untuk jenis dioda yang kedua adalah Dioda Foto atau yang lebih dikenal dengan Photodiode. Jenis satu ini merupakan salah satu dioda yang mampu untuk mengubah energi pada cahaya menjadi arus listrik. Umumnya jenis satu ini akan digunakan untuk mendeteksi datangnya cahaya. Seperti yang terjadi pada sensor cahaya kamera.

Selain itu, biasanya jenis satu ini juga akan ditemukan pada scanner barcode, peralatan medis dan juga sensor penghitung kendaraan. Untuk Dioda Foto sendiri dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah Dioda Photoconductive yang tidak mampu menghasilkan tegangan. Sehingga, ketika menggunakan dioda ini haruslah diberikan sumber dari tegangan lain.

Dimana sumber dari tegangan tersebut akan berfungsi untuk menggerakkan beban. Sedangkan untuk jenis Dioda Foto yang kedua adalah Dioda Photovoltanis. Jenis satu ini akan mampu menghasilkan tegangan layaknya sel surya. Oleh sebab itu, anda perlu memilih jenis dari dioda yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan.

3. Dioda Normal
Selain kedua jenis tersebut, anda juga perlu untuk mengenal Dioda Normal atau yang kerap kali disebut dengan Dioda PN Junction. Untuk jenis satu ini merupakan dioda yang sering kali anda temukan dalam rangkaian elektronika. Biasanya anda akan menemukannya di dalam rangkaian dari frekuensi radio atau RF.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa menemukannya jenis dioda ini pada rangkaian power supply. Jenis satu ini dinamakan Dioda Normal, sebab jenis tersebut merupakan salah satu dioda standar yang sering kali atau paling umum digunakan. Dioda jenis ini juga bisa disebut dengan dioda penyearah. Hal ini dikarenakan berguna untuk penyearah pada sebuah power supply.

4. Dioda Zener
Jenis dioda ini merupakan salah satu yang dirancang secara khusus agar bisa beroperasi pada reverse bias atau bias balik. Sehingga, jika tegangan telah mencapai titik breakdown maka dioda ini akan mampu melewati arus listrik dalam kondisi reverse bias atau bias terbalik.

Akan tetapi, ketika bias maju atau forward bias, maka Dioda jenis ini akan mampu menghantarkan listrik layaknya dioda berjenis normal. Umumnya, dioda zener akan mampu memberikan tegangan yang stabil. Oleh sebab itu, jenis satu ini sering kali digunakan sebagai voltage regulator atau pengatur tegangan yang terdapat pada power supply.

Itulah beberapa jenis dari dioda yang perlu anda tahu. Selain itu, ada pula jenis lain seperti Dioda LED atau Light Emitting Diode, Diode Bridge, serta Dioda Varactor dan lain sebagainya. Dioda tersebut akan sering kali digunakan pada rangkaian listrik dan juga elektronika yang memerlukan hasil yakni satu arah.

 

JUAL DIODA MURAH DAN BERKUALITAS>>>

 

Mengenal Beragam Jenis Dioda

Sedikit fakta mengenai Komponen Dioda , Dioda merupakan salah satu bentuk dari komponen elektronik khusus dengan dua elektroda disebut anoda dan katoda. Kebanyakan dari dioda dibuat dengan bahan semikonduktor seperti silikon, germanium, atau selenium. dan arus pada Dioda Jika arah arusnya terbalik, maka Dioda akan menghambat arus listrik tersebut. Karena sifatnya yang dapat menghantarkan arus listrik ke satu arah (forward bias) dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya (reverse bias), dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor ini sering digunakan sebagai penyearah bentuk gelombang (wave rectifier) dalam pencatu daya dan detektor radio. 

Walaupun pada sebelumnya sudah ada dioda kristal (semikonduktor) yang dikembangkan oleh para peneliti asal Jerman yaitu Karl Ferdinan Braun pada tahun 1874, dan dioda termionik pada tahun 1873 yang telah dikembangkan lagi prinsip kerjanya oleh Frederic Gutherie, Adapun sebuah simbol dioda yaitu terdapat sebuah panah yang dilengkapi garis melintang di ujung panah tersebut. Maksud dari panah disini yakni bahwa dia adalah kaki positif (+) sedangkan pada garis melintang diibaratkan kaki negatif (-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *