Manfaatkan Bahan Di Rumah, Yuk Simak Cara Membuat Robot dari Kardus Disini

Cara Membuat Robot dari Kardus Disini

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja menjadikan permainan anak anak makin berkembang. Menggabungkan mainan sederhana dan juga teknologi, akan mampu mengasah kemampuan si kecil. Untuk anda yang ingin mencari kegiatan seru, membuat robot dari kardus bisa jadi pilihan. Berikut cara membuat robot dari kardus sederhana yang bisa dicoba.

Langkah Langkah Membuat Robot Berbahan Kardus Bisa Berjalan

1. Menyiapkan Bahan dan Alat
Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan dalam membuat robot sederhana berbahan kardus adalah menyiapkan bahan. Pembuatan robot berbahan kardus ini tak membutuhkan banyak bahan yang sulit didapat. Justru bisa mendapatkannya di lingkungan rumah dan tentunya sangat cocok untuk para pemula. Mendampingi si kecil membuatnya tentu bukan ide buruk.

Bahan yang harus disiapkan pertama adalah kardus bekas, untuk jumlahnya sesuaikan saja dengan ukuran yang diinginkan. Bahan lainnya adalah baterai HP bekas, karet gelang, tusuk es krim, dinamo bekas, tusuk sate, saklar toggler dan sedotan. Tidak ketinggalan beberapa peralatan seperti solder, cuter, spidol, penggaris, lem, gunting, carving tool dan juga jangka.

2. Cara Pembuatan
Setelah semua alat dan bahan disiapkan, kini saatnya mengetahui cara membuat robot dari kardus sederhana ini. Langkah pertama, silahkan membuat pola dengan spidol pada kardus yang sudah disiapkan. Pola dibuat segi panjang dua buah, dan juga persegi panjang yang ukurannya lebih pendek jumlahnya sama dua buah. Agar lebih rapi, silahkan gunakan penggaris.

Jika pola sudah terbentuk, anda bisa memotongnya menggunakan cutter atau gunting. Asalkan setiap potongan harus dilakukan dengan hati hati agar hasilnya baik. Selanjutnya anda bisa melubangi pola dengan 3 titik menggunakan carving tool. Jarak titik ini bisa anda atur sama panjang, pada persegi yang lebih panjang.

Langkah selanjutnya ambil sedotan, kemudian potong sedotan hingga menjadi 6 bagian. Sedotan yang digunakan bebas, bisa sedotan apa saja dan dalam memotongnya usahakan sama panjang. Sedotan tersebut kemudian dimasukkan pada lubang lubang yang ada di kardus, agar lebih kuat rekatkan saja dengan lem.

Cara membuat robot dari kardus selanjutnya dengan memasang persegi lebih kecil pada ujung persegi panjang. Dibuat berdiri atau membentuk sudut siku siku dan direkatkan dengan lem tembak. Di dalam sudut ini letakkan dinamo menggunakan lem tembak.

Dua bulatan ini silahkan direkatkan, totalnya nanti akan ada 3 bulatan yang sudah ditusuk dengan tusuk sate. Satu bulatan harus ditambahkan dengan 2 bulatan lebih kecil di sisi atas dan bawahnya. Bulatan kecil ini akan berguna sebagai gear nantinya sehingga harus direkatkan dengan lem.

Selanjutnya rangkai semuanya kardus yang telah dipotong, dengan memasukkan pada lubang di pola persegi. Tambahkan karet gelang pada bagian dinamonya, yang mana gear nanti akan menggerakkan roda yang besar di bawahnya. Lubangi tusuk es krim dengan carving tool dan masukkan tusuk sate pada lubang.

Dalam cara membuat robot dari kardus anda harus menggabungkan tusuk es krim pada rangkaian utama. Anda juga harus merangkai kabel, dinamo dan baterai dengan solder. Jangan lupakan untuk tambahkan saklar toggle dengan menggunakan lem tembak. Maka anda bisa mencoba untuk menggerakkannya.

Barang bekas tidak selamanya harus terbuang, dengan memanfaatkannya dan berfikir kreatif maka akan berguna. Membuat robot dari bahan kardus ini tidaklah sulit, namun membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Terutama dalam merangkai bagian kabel dan dinamo hingga bisa bergerak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *