Fungsi Sensor LDR Berbasis Arduino Uno R3

Fungsi Sensor LDR Berbasis Arduino Uno R3

LDR (Light Dependent Resistor) adalah sensor cahaya populer yang harganya termasuk paling terjangkau diantara sensor cahaya lainnya. Sensor ini tersusun dari resistor yang nilainya dapat berubah tergantung dari intensitas cahaya yang menyinari permukaannya. Maka, kita dapat mengetahui karakteristik LDR dengan Percobaan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno R3.

Perlu kalian ketahui DLDR juga merupakan resistor yang mempunyai koefisien temperature negative, dimana resistansinya dipengaruhi oleh intensitas cahaya.

Sensor LDR Berbasis Arduino Uno R3

LDR (Light Dependent Resistor) merupakan salah satu komponen resistor yang nilai resistansinya akan berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang mengenai sensor ini. LDR juga dapat digunakan sebagai sensor cahaya. Perlu diketahui bahwa nilai resistansi dari sensor ini sangat bergantung pada intensitas cahaya. Semakin banyak cahaya yang mengenainya, maka akan semakin menurun nilai resistansinya. Sebaliknya jika semakin sedikit cahaya yang mengenai sensor (gelap), maka nilai hambatannya akan menjadi semakin besar sehingga arus listrik yang mengalir akan terhambat.

Umumnya Sensor LDR memiliki nilai hambatan 200 Kilo Ohm pada saat dalam kondisi sedikit cahaya (gelap), dan akan menurun menjadi 500 Ohm pada kondisi terkena banyak cahaya. Tak heran jika komponen elektronika peka cahaya ini banyak diimplementasikan sebagai sensor lampu penerang jalan, lampu kamar tidur, alarm dan lain-lain.

Untuk Mengetahui Sensor LDR Berbasis Arduino Uno R3 lebih dalam, Sensor ini bisa di gunakan untuk menghidupkan lampu taman secara otomatis, jika kondisi Ruangan sudah mulai gelap, maka sensor cahaya LDR akan deteksi, kemudian digunakan untuk mematikan lampu atau menyalakan lampu.

Aplikasi rangkaian sensor cahaya ini bisa kita lihat pada Lampu taman, ketika mulai malam maka lampu akan di hidupkan otomatis, namun ketika hari terang, lampu padam. Rangkaian ini akan mempermudah kita dalam mengelola taman.

Fungsi Sensor LDR Berbasis Arduino Uno R3

LDR berfungsi sebagai sebuah sensor cahaya dalam berbagai macam rangkaian elektronika seperti saklar otomatis berdasarkan cahaya yang jika sensor terkena cahaya maka arus listrik akan mengalir(ON) dan sebaliknya jika sensor dalam kondisi minim cahaya(gelap) maka aliran listrik akan terhambat(OFF). LDR juga sering digunakan sebagai sensor lampu penerang jalan otomatis, lampu kamar tidur, alarm, rangkaian anti maling otomatis menggunakan laser, sutter kamera otomatis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *