Fungsi Arduino untuk Pemula Ketahui

Fungsi Arduino untuk Pemula Ketahui

Untuk Pemula yang baru saja terjun di dunia elektronika Wajib Mengetahui bahwa Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat sumber terbuka, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

==>>BELI ARDUINO LENGKAP

Menurut Wikipedia Arduino juga merupakan senarai perangkat keras terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktif berdasarkan hardware dan software yang fleksibel dan mudah digunakan. Mikrokontroler diprogram menggunakan bahasa pemrograman arduino yang memiliki kemiripan syntax dengan bahasa pemrograman C. Karena sifatnya yang terbuka maka siapa saja dapat mengunduh skema hardware arduino dan membangunnya.

Arduino menggunakan keluarga mikrokontroler ATMega yang dirilis oleh Atmel sebagai basis, namun ada individu/perusahaan yang membuat clone arduino dengan menggunakan mikrokontroler lain dan tetap kompatibel dengan arduino pada level hardware. Untuk fleksibilitas, program dimasukkan melalui bootloader meskipun ada opsi untuk mem-bypass bootloader dan menggunakan pengunduh untuk memprogram mikrokontroler secara langsung melalui port ISP.

Berikut Beberapa keuntungan Arduino yang wajib pemula pelajari:

Murah, Board Arduino termasuk Murah, dan tinggal pakai. Karena open source banyak perusahan bahkan person yang membuat board Arduino sendiri kemudian menjual nya. Sebagai Contoh, Arduino MEGA2560 yang memiliki memory yang banyak dan PIN yang banyak, di jual rata-rata dengan Harga 150ribuan. Bayangkan jika kita desain sendiri, cetak sendiri dan solder sendiri, entah berapa banyak lagi waktu dan dana yang kita habiskan

==>>BELI SBC LENGKAP

Cross Platform, Software compiler Arduino IDE bekerja di berbagai system operasi, seperti windows, Linux, MAC, bahkan di
Android sendiri. Kebanyakan software compiler Mikrokontroller bekerja di Windows OS.

Mudah, Sintak program yang sederhana memudah kan orang yang baru belajar di Arduino, terutama anak-anak IT yang sudah terbiasa menggunakan Bahasa pemrograman berbasis objek.

Open source, extensi software, Maksudnya adalah banyak nya extensi Arduino pada software software editor pemrograman, contoh nya adalah software Atom, Software Visual Studio code, sehingga memudahkan kita untuk memprogram Arduino dengan sekala yang lebih besar.

Open Source, shield Hardware, Maksudnya adalah banyak nya pengembang shield untuk Arduino, sebagai contoh misalnya, I2C LCD untuk Arduino, jadi desain Hardware dengan LCD 16×2 menjadi lebih mudah, karena hanya menggunakan 4 jalur kabel saja. A ton Library,maksudnya adalah banyak nya pengembang library library untuk Arduino, seperti library keypad, library sensor- sensor, library untuk servo dan lain-lain.

KONKLUSI

Fungsi Arduino untuk pemula akan membantu mengetahui dan memperdalam Ilmu tentang Arduino, Karena 5 Fungsi di atas antara lain adalah mempercepat dan mempermudah kita dalam pembuatan system control, baik bersifat automasi maupun instrumentasi. dan juga para pemula harus memperdalam Ilmu pemrograman terutama cara memprogram arduino dalam bahasa C, mengupload program, dan pelajari bagian-bagian aplikasi Arduino IDE (Integrated development Environment) atau Skecth , Aplikasi tersebut akan memudahkan semua hal yang berhubungan dengan software arduino , aplikasi tersebut dapat anda download disitus webnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *