Cara Kerja Mesin Printer 3D dan Teknologinya

Cara Kerja Mesin Printer 3D

Halo sobat beetrona kali ini kita Share Cara kerja mesin Printer 3D  dan akan membahas bagaimana teknologi mesin 3d saat ini, jika kalian ingin mencari tempat untuk mencetak 3 print kalian jangan bingung2 mencari toko/tempat cetak 3D Toko beetrona menyediakan jasa cetak 3d print murah dan berkualitas dan anda bisa memesan melalui online tinggal kirim saja desain mu ke email kami .  

Oke lanjut ke pembahasan, Mesin Printer 3D adalah konstruksi objek tiga dimensi dari model CAD atau model 3D digital.  Istilah “pencetakan 3D” dapat merujuk pada berbagai proses di mana bahan disimpan, digabungkan atau dipadatkan di bawah kendali komputer untuk membuat objek tiga dimensi , dengan bahan yang ditambahkan bersama-sama (seperti molekul cair atau butiran bubuk yang menyatu bersama), biasanya lapis demi lapis.

Cara kerja mesin Printer 3D harus di perhatikan untuk bahan nya, bahan sangat mempengaruhi Hasil 3d print, pilihlah bahan yang memang berkualitas , 3D Print atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing adalah proses membuat objek padat 3 dimensi atau bentuk apapun dari model digital. Cara kerjanya hampir sama dengan printer laser dengan tehnik membuat objek dari sejumlah layer/ lapisan yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya. Teknologi printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1984.

Sejak saat itu Teknologi 3D printing semakin berkembang maka semakin banyak pula teknologi yang mengalami perkembangan. Hal ini terbukti dengan berbagai penemuan yang dihadirkan pada beberapa waktu lalu. Ada banyak teknologi baru yang lagi muncul sekarang dan salah satu teknologi tersebut adalah printer 3D. Dulu printer 3D memang sudah ada, namun pada zaman dahulu cara kerja printer 3 dimensi tersebut biasanya digunakan untuk mendesign sebuah file ke CAD kemudian dikirim ke mesin agar dapat dibuatkan gambar atau benda nyatanya. Namun hal ini tidak bisa bertahan lama karena material yang digunakan printer ini tidak cukup kuat disebut sebagai sebuah produk. Namun printer ini lebih cocok disebut sebagai sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan bentuk nyata dari sebuah benda. Oleh karena itu printer 3D ini tidak digunakan lagi.

Cara Kerja Mesin Printer 3D

Cara kerja mesin 3D printer secara umum terbagi pada 3 tahapan proses yaitu :

1. Model objek 3D
Model Objek 3D dapat dibuat dengan menggunakan software khusus untuk model desain 3D yang printernya mendukung contohnya seperti solidwork, catia, delcam dll.

2. Proses Printing
Apabila desainnya sudah dibuat anda bisa langsung print di 3D printer. Kemudian proses pencetakan pun dimulai, lamanya proses pencetakkan ini tergantung dari besar dan ukuran model. Proses printing menggunakan prinsip dasar Additive Layer dengan rangkaian proses mesin membaca rancangan 3D dan mulai menyusun lapisan secara berturut-terut untuk membangun model virtual digabungkan secara otomatis untuk membentuk susunan lengkap yg utuh.

3. Finishing
Pada tahap ini anda dapat menyempurnakan bagian-bagian kompleks yang bisa jadi disebabkan oleh over sized atau ukuran yang berbeda dari yang diinginkan. Teknik tambahan untuk menyempurnakan proses ini dapat pula menggunakan teknik multiple material atau material berbeda; multiple color atau kombinasi warna.

Dampak Teknologi Mesin Printer 3D

Ramah proses kustomisasi
Salah satu keunggulan paling menonjol yang melekat pada 3D printing adalah kemampuannya untuk memproduksi desain secara custom. Hal ini akan sangat berguna jika Anda harus mengganti salah satu bagian yang mengalami kerusakan pada produk yang telah ada. Misalnya, Anda memiliki usaha pengangkutan menggunakan truk. Ketika salah satu bagian mesin dari truk mengalami kerusakan, Anda bisa memproduksi hanya bagian tersebut menggunakan 3D printer. Anda tidak perlu memproduksinya secara masal dan membuang-buang bahan.

Menghemat biaya bahan baku
Teknologi 3D printing memungkinkan Anda untuk menggunakan bahan yang diperlukan seminimal mungkin saat memproduksi satu bagian. Misalnya, Anda hendak membuat satu bagian menggunakan aluminium. Umumnya, blok akan ditempatkan dalam sistem CAD dan kelebihan bahan akan dipotong untuk membuat bagian tersebut. Pada proses ini, kemungkinan besar sebanyak 60%-70% aluminium akan menjadi potongan yang tidak terpakai untuk nantinya dilebur dan digunakan pada proses selanjutnya. Namun, dengan 3D printing, Anda tak perlu melakukan peleburan dan menghabiskan sumber daya. Biaya produksi pun dapat ditekan secara signifikan.

Lebih banyak barang yang diproduksi di dekat titik pembelian
Hadirnya 3D printing dianggap akan membuat proses produksi barang lebih banyak dilakukan di dekat titik konsumsi atau pembelian. Bukan tidak mungkin prosesnya akan terjadi dalam level rumah tangga. Dengan kata lain, akan ada banyak barang atau produk yang mungkin semula mengandalkan efisiensi dalam produksi besar-besaran, kini harus melakukan shifting ke ranah lokal. Industri mobil, misalnya, kini hanya diproduksi oleh ratusan pabrik di seluruh dunia. Dengan adanya 3D printing, nantinya mereka bisa diproduksi di area-area yang lebih spesifik. Bagian-bagian mesin bisa diproduksi di dealer atau bengkel, sementara pabrik perakitan bisa menghemat dengan hanya merakit komponen yang diperlukan.

Proses manufaktur ramah lingkungan
Dampak 3D printing juga terasa dalam sektor lingkungan. Apabila dibandingkan dengan manufaktur tradisional yang cenderung “kotor”, maka proses produksi yang dilakukan 3D printing lebih rapi dan bersih. Hal ini masih berkaitan dengan berkurangnya bahan yang digunakan sehingga tidak ada material yang terproduksi sia-sia.


JASA CETAK 3D PRINT MURAH

Cetak 3d print beetrona Menggunakan Creality Ender 3 Versi Terbaru. Sangat Populer di kalangan 3D Printer User seluruh dunia, dan lagi booming karena kualitas print yang bagus dan ukuran print nya yang besar(220mmx220mmx250mm) dengan harga sangat terjangkau. Ketelitian Print sampai 0.05 mm (Printer lain hanya 0.1 mm)

Untuk Pemesanan Silahkan langsung hubungi Customer service kami :

Whatsapp     +62 822-4321-0944
Email              beetrona@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *