Cara instal Arduino ide dengan benar

Cara instal Arduino ide dengan benar

Apa itu Arduino Ide ?? apakah kalian sudah tau cara menginstalnya? buat para suhu tolong kasih komen ya dan bantu kami untuk mempelajari arduino lebih dalam lagi, nah pada Artikel ini kita akan membahas Arduino IDE, Tampilan software ini cukup user friendly. Buat Anda yang lebih dulu mengenal IDE Processing, tampilan IDE Arduino tidak jauh berbeda, baik menu maupun fungsinya. Ini dikarenakan Processing dulunya merupakan inspirasi bagi tim pencipta Arduino. Software IDE Arduino ini mutlak harus ada saat Anda melakukan programming. Dan bahasa pemrograman yang digunakan IDE Arduino ini adalah bahasa C for Arduino, bukan bahasa C murni. Perbedaan utama antar keduanya adalah, bahasa C for Arduino memiliki subrutin yang spesifik menangani masalah hardware, namun bahasa C murni tidak memilikinya. Sedangkan sintaks penulisan script tetap mengikuti sintaks bahasa C murni.

Menginstal software IDE Arduino caranya cukup mudah, terutama bagi Anda yang menggunakan OS Windows. Seperti biasa Anda hanya perlu menekan tombol next-next aja :).

Software IDE (Integrated Development Environtment) Arduino ini adalah software yang digunakan untuk menulis program (dalam Arduino disebut sketch) di komputer, mengkompilasinya menjadi kode bahasa mesin executable, melakukan debug (jika ada kesalahan) dan meng-upload sketch (yang sudah jadi bahasa mesin) ke Arduino.

1.Siapkan Board Arduino dan Kabel USB

2. Download File Software Arduino IDE untuk Windows

Silahkan download Software IDE Arduino DISINI . Kemudia pilih Windows Installer paling atas. kemudian akan tampil pilihan Download. Silahkan klik Just Download atau Contribute dan Download untuk donasi.

Klik “I Agree” untuk menyetujui lisensi dan melanjutkan installasi.

Install semua komponen yang ada.

Pilih lokasi folder installasi Arduino Software atau gunakan defaut destinantion folder, dan klilk Install.

Tunggu hingga proses installasi selesai.

Kemudian pada proses installasi, akan muncul dialog window untuk menginstall Arduino USB Driver, check “Always trust software from Arduini srl” dan klik Install.

Kemudian pada proses installasi, akan muncul dialog window ke-dua untuk menginstall Arduino USB Driver, check “Always trust software from Arduini LLC” dan klik Install.

3.Melakukan Koneksi Arduino Board Dengan Komputer

Setelah semua proses diatas selesai, maka langkah selanjutnya adalah menguji apakah Software Arduino (IDE) telah mengenali hardware arduino.

Oke pada tahap ini, hubungkan Arduino board dengan komputer dengan menggunakan kabel USB A ke B.

Kemudian cek pada bagian Device Manager. Pada Bagian Ports (COM & LPT) pada gambar di atas, board Arduino sudah dikenali sebagai Arduino Mega 2560 dan berada pada COM3.

4.Jalankan Arduino Software (IDE)

Langkah selanjutnya adalah, jalankan Software Arduini (IDE) yang sudah kamu install untuk menguji apakah Software Arduino telah mengenali Board Arduino yang kamu gunakan.

Arduino loading screen

Terlihat pada gambar di atas, Arduino Mega 2560 terdeteksi di COM 3

5.Buka Blink Example

Untuk menguji apakah proses upload sudah berhasil dilakukan maka langkah selanjutnya adalah membuka contoh program blink pada file -> Examples -> 01.Basics -> Blink

6.Pilih Arduino Board

Sebagai target upload program, kamu harus memilih board Arduino sesuai yang kamu gunakan.

Untuk contoh, mimin menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai Board Arduino. Pada menu Tools, pilih Board Arduino/Genuino Mega or Mega 2560

7.Pilih Serial COM Ports

Pilih serial device dari Arduino board yang kami gunakan, pada kasus ini board Arduino Mega terdeteksi pada COM Ports 3. COM Ports berfungsi sebagai pengalamatan device yang terhubung dengan komputer.

8.Upload Program

Setelah jenis board dipilih berserta COM ports-nya, maka langkah selanjutnya kamu bisa langsung mengupload program ke Board Arduino. Pada contoh di atas, program yang mimin upload adalah blink example, dimana program tersebut akan menyebabkan led pada pin 13 Arduino Board berkedip dengan interval 1000 milisecond atau 1 detik.

9.Selesai

Sekarang kamu bisa melihat led Arduino Board Berkedip untuk interval 1 detik. Kamu bisa mengganti interval tersebut pada Arduino Sketch dan mengupload ulang sesuai langkah di atas.

Berikut Codingnya guys :

void setup() {
// inisialisasi digital pin 13 sebagai output.
pinMode(13, OUTPUT);
}

void loop() {
digitalWrite(13, HIGH); // Nyalakan LED pada pin 13
delay(1000); // Interval delay bisa kamu ubah
digitalWrite(13, LOW); // Matikan LED pada pin 13
delay(1000); // Interval delay bisa kamu ubah
}

ARDUINO IDE

Silahkan anda coba  , tutorial Cara instal Arduino ide dengan benar di buat khusus untuk kalian yang baru terjun di dunia robotika ataupun baru mau mempelajari Arduino, wajib kalian baca pada web resmi arduino untuk mencari sebuah projek arduino dengan lengkap. Di halaman tersebut ada tiga macam installer yang bisa diunduh disesuaikan dengan Operating System-nya, yakni Windows, MacOS dan Linux. Silahkan Anda unduh sesuai dengan OS komputer yang Anda miliki. Karena laptop saya menggunakan OS Windows 7 32-bit, maka contoh instalasi IDE Arduino pada tutorial kali ini khusus untuk Arduino for Windows. SELAMAT MENCOBA …..

ARDUINO TERBAIK KAMI :

ARDUINO MEGA

ARDUINO UNO

ARDUINO NANO

ARDUINO DUE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *