Listrik Satu Arah, Berikut Macam Macam Dioda Yang Perlu Diketahui

Listrik Satu Arah, Berikut Macam Macam Dioda Yang Perlu Diketahui

Listrik Satu Arah, Berikut Macam Macam Dioda Di dalam dunia elektronika, nama dioda memang sudah tak asing lagi. Komponen satu ini memiliki fungsi yakni mampu menghantarkan arus listrik menuju ke satu arah. Komponen ini juga terbuat dari bahan semikonduktor yang sering kali digunakan pada power supply atau detektor pada radio. Berikut ini akan diulas macam macam dioda yang perlu anda tahu.

Berikut berbagai macam Dioda Yang Wajib Anda Ketahui

1. Dioda Bridge
Dioda ini merupakan salah satu jenis yang terdiri dari 4 buah dioda normal. Dimana kerap kali digunakan sebagai penyearah pada gelombang penuh. Umumnya, dioda ini digunakan pada rangkaian power supply atau pencatu daya. Ketika anda menggunakan jenis dioda Bridge, maka anda pun tak perlu lagi untuk susah payah merangkai 4 dioda normal menjadi satu.

Sehingga, ketika anda ingin merangkai 4 dioda normal untuk menjadi satu kesatuan rangkaian penyearah dari tegangan AC menuju ke DC, maka anda pun bisa dengan mudah melakukannya. Sebab dengan menggunakan dioda bridge, anda hanya bisa menggunakan satu komponen saja.

Macam macam dioda, yang mana salah satunya jenis Bridge mempunyai 4 kaki terminal. Pada kaki terminal tersebut terdiri dari 2 kaki terminal input yang berfungsi untuk memasukkan arus bolak balik atau tegangan (AC). Selain itu, untuk 2 kaki terminal lainnya yakni untuk Output Negatif ( – ) dan output positif ( + ).

2. Dioda LED ( Light Emitting Diode )
Untuk jenis satu ini merupakan salah satu dioda yang mampu memancarkan cahaya, terutama cahaya monokromatik. Pancaran cahaya tersebut dapat terjadi apabila diberikan tenaga maju atau yang juga dikenal dengan format bias. Untuk LED ini ada yang berwarna jingga, merah, biru, kuning, putih dan hijau.

Hal tersebut tergantung dari panjang gelombang atau wavelength serta senyawa semikonduktor yang dipakainya. Untuk LED sendiri, anda pun bisa dengan mudah menemukannya pada lampu penerangan rumah maupun jalan raya. Selain itu, anda juga bisa menjumpai LED ini pada indikator dari perangkat listrik dan elektronik.

3. Dioda Tunnel

Dioda Tunnel juga menjadi salah satu dari macam macam dioda yang perlu anda ketahui. Jenis satu ini umumnya akan mampu untuk beroperasi di kecepatan yang cukup tinggi. Selain itu, dioda jenis ini juga akan berguna dan berfungsi sangat baik pada gelombang mikro atau pada microwave.

Umumnya, dioda Tunnel akan kerap kali anda jumpai dalam rangkaian untuk mendeteksi frekuensi dan juga mendeteksi konverter. Selain itu, untuk dioda satu ini juga disebut dengan Dioda Esaki. Yang mana Esaki sendiri merupakan nama yang diambil dari penemu jenis dioda satu ini.

4. Dioda Varactor
Dioda Varactor atau Dioda Varicap ini merupakan salah satu jenis yang mempunyai kapasitas berubah ubah. Hal tersebut sesuai dengan jumlah tegangan yang diberikannya. Biasanya, jenis dioda satu ini akan sering kali dipakai pada rangkaian yang memiliki keterkaitan dengan frekuensi.

Sebut saja seperti TV Tuner, osilator, dan juga Radio Tuner. Macam macam dioda ini tentu saja akan memiliki simbol yang berbeda beda. Untuk simbol dari Dioda Varactor atau yang juga disebut dengan Dioda Varicap ini memiliki lambang yakni dioda yang ujungnya terdapat komponen kapasitor.

Beberapa dioda tersebut akan sering kali anda jumpai di kehidupan sehari hari. Bagi anda yang terjun di dunia elektronika, tentu saja hal ini sangatlah tidak asing. Untuk itu, anda pun perlu memahami perbedaan dari jenis dioda tersebut. Hal ini dikarenakan setiap dioda memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *