Belajar Arduino nano Lengkap beserta Spesifikasinya

Belajar Arduino nano Lengkap beserta Spesifikasinya

Belajar Arduino Lengkap

Sebelum masuk ke materi tentang belajar arduino nano sebaiknya anda harus mengetahui apa itu arduino sebernarnya agar anda mudah untuk mempelajari satu per satu tentang Arduino Belajar Program Arduino untuk Pemula sangat penting untekuk kita miliki ilmunya karena Arduino sudah menjadi andalan bagi para pakar Teknologi didunia. oke mari kita mulai membahas Pengertian Arduino di bawah ada beberapa saja Pengertian tentang Arduino salah satunya saya ambil dari Wikipedia .

Arduino merupakan sebuah platform dari physical computing yang bersifat open source. Pertama-tama perlu dipahami bahwa kata “platform” di sini adalah sebuah pilihan kata yang tepat. Arduino tidak hanya sekedar sebuah alat pengembangan, tetapi ia adalah kombinasi dari hardware, bahasa pemrograman dan Integrated Development Environment (IDE) yang canggih. IDE adalah sebuah software yang sangat berperan untuk menulis program, meng-compile menjadi kode biner dan meng-upload ke dalam memory microcontroller.

Arduino Nano adalah salah satu papan pengembangan mikrokontroler yang berukuran kecil, lengkap dan mendukung penggunaan breadboard.Arduino Nano diciptakan dengan basis mikrokontroler ATmega328 (untuk Arduino Nano versi 3.x) atau ATmega 168 (untuk Arduino versi 2.x). Arduino Nano kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan Arduino Duemilanove, tetapi dalam paket yang berbeda. Arduino Nano tidak menyertakan colokan DC berjenis Barrel Jack, dan dihubungkan ke komputer menggunakan port USB Mini-B. Arduino Nano dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Gravitech.

Belajar Arduino nano Lengkap

==>>HARGA ARDUINO LENGKAP

Konfigurasi Arduino Nano

Konfigurasi pin Arduino Nano.Arduino Nano memiliki 30 Pin. Berikut Konfigurasi pin Arduino Nano.

  1.  VCC merupakan pin yang berfungsi sebagai pin masukan catu daya digital.
  2.  GND merupakan pin ground untuk catu daya digital.
  3.  AREF merupakan Referensi tegangan untuk input analog. Digunakan dengan fungsi analogReference
  4.  RESET merupakan Jalur LOW ini digunakan untuk me-reset (menghidupkan ulang) mikrokontroler. Biasanya digunakan untuk menambahkan tombol reset pada shield yang menghalangi papan utama Arduino
  5. Serial RX (0) merupakan pin yang berfungsi sebagai penerima TTL data serial.
  6. Serial TX (1) merupakan pin yang berfungsi sebagai pengirim TT data serial.
  7. External Interrupt (Interupsi Eksternal) merupakan pin yang dapat dikonfigurasi untuk memicu sebuah interupsi pada nilai yang rendah, meningkat atau menurun, atau perubahan nilai.
  8. Output PWM 8-Bitmerupakan pin yang berfungsi untuk analogWrite( ).
  9. SPI merupakan pin yang berfungsi sebagai pendukung komunikasi.
  10. LED merupakan pin yang berfungsi sebagai pin yag diset bernilai HIGH, maka LED akan menyala, ketika pin diset bernilai LOW maka LED padam. LED Tersedia secara built-in pada papan Arduino Nano.
  11. Input Analog (A0-A7) merupakan pin yang berfungsi sebagi pin yang dapat diukur/diatur dari mulai Ground sampai dengan 5 Volt, juga memungkinkan untuk mengubah titik jangkauan tertinggi atau terendah mereka menggunakan fungsi analogReference().

Belajar Arduino nano Lengkap pin

Spesifikasi Arduino Nano

Berikut ini adalah Spesifikasi yang dimiliki oleh Arduino Nano:

  1. MikrokontrolerAtmel ATmega168 atau ATmega328
  2. 5 V Tegangan Operasi
  3. 7-12VInput Voltage (disarankan)
  4. 6-20VInput Voltage (limit)
  5. Pin Digital I/O14 (6 pin digunakan sebagai output PWM)
  6. 8 Pin Input Analog
  7. 40 mA Arus DC per pin I/O
  8. Flash Memory16KB (ATmega168) atau 32KB (ATmega328) 2KB digunakan oleh Bootloader
  9. 1 KbyteSRAM (ATmega168) atau 2 Kbyte(ATmega328)
  10. 512 ByteEEPROM (ATmega168) atau 1Kbyte (ATmega328)
  11. 16 MHz Clock Speed
  12. Ukuran1.85cm x 4.3cm

KONKLUSI

Belajar Arduino nano sangat penting bagi pengguna orang yang tertarik di dunia elektronika , karena Dengan Arduino kita bisa dengan mudah dan cepat mengembangkan alat-alat elektronika menggunakan mikrokontroller. Learning cycle yang simple membuat pemula pun mudah menguasainya. pada zama ini ada banyak sekali jenis arduino selain Arduino Uno dan Nano ada banyak lagi keluarga dari Arduino board. Seperti Arduino Mega, Mini, Yun, dll. tinggal anda pelajari satu persatu untuk menguasai ilmu elektronika lebih dalam.

==>>HARGA ATMEGA328P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *